banner

Pelayanan Jantung Terpadu RSCM

Visi

" Menjadi Pusat Kardiovaskular terkemuka yang melebihi harapan pelanggan "

 


Misi

Seamless Menyelengarakan pelayanan kardiovaskular dengan kualitas terbaik secara cepat dan lancar
Best Teaching and research center
Menyediakan lahan untuk pendidikan dan penelitian di bidang kardiovaskular dengan sarana yang lengkap
Best Performance Menyediakan pelayanan profesional melalui staff yang kompeten
Best Place To Work Mengembangkan suasana lingkungan kerja yang kondusif didukung dengan peralatan yang handal

Nilai

Caring

Accountable

Respect

Excellent

 

Tentang Pelayanan Jantung Terpadu

Pelayanan Jantung Terpadu Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo merupakan unit pelaksana teknis pelayanan jantung yang berada dibawah naungan RS dr. Cipto Mangunkusumo, berdiri pada tanggal 17 September 2003, diresmikan oleh Direktur Jendreal Pelayanan Medik Departemen Kesehatan RI : dr. Sri Astuti Suparmanto.

Berdirinya PJT-RSCM dilatar belakangi oleh minimnya kapasitas fasilitas pelayanan jantung di Indonesia. Dewasa ini kapasitas tersebut hanya mencakup 2% dari total kebutuhan masyarakat Indonesia yang berjumlah kurang lebih 228 juta jiwa.

Atas prakarsa para dokter ahli dari beberapa multi disiplin ilmu yang ada di RSCM baik Divisi Kardiologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Divisi Kardiologi Departemen Anak, Divisi Departemen Anestesi. Divisi Bedah Jantung Departemen Ilmu Bedah sepakat mendirikan center pelayanan jantung dengan konsep terpadu (one stop service). Konsep one stop service ini merupakan keunggulan PJT-RSCM, dengan memberikan pelayanan komprehensif dalam satu atap.

Dengan kapasitas 8 (delapan) poliklinik jantung, 42 (empat puluh dua) ruang rawat jantung, 7 (tujuh) tempat tidur ruang Cardiac ICU, 2 (dua) kamar operasi, 2 (dua) laboratorium kateterisasi PJT-RSCM, pada tahun 2012 mampu melayani pasien total sebanyak 1.814 tindakan diagnostik dan intervensi kardiovascular, 518 operasi jantung dan 44.000 pelayanan rawat jalan.

Didukung oleh dokter spesialis dan sub spesialis berbagai multidisiplin ilmu (dokter spesialis jantung, spesialis pulmonologi, neurologi, endokrin, THT), dengan konsep pelayanan interdisiplin ilmu dari tahun ke tahun PJT-RSCM mampu menangani kasus yang semakin kompleks.

Komitmen PJT-RSCM adalah memberikan tatalaksana terbaik bagi pasien. menghasilkan output yang relatif baik dengan tingkat keberhasilan intervensi 99,9% dan keberhasilan operasi Tetralogi of Fallot 97,2% (untuk Asia Pasific rata-rata angka keberhasilan 95%) serta keberhasilan CABG sebesar 98,2% untuk CABG kasus tanpa penyulit dan 73,2% keberhasilan untuk CABG dengan penyulit. Sebagai pelayanan kesehatan yang terpadu PJT selalu bekerja secara tim utamanya untuk kasus sulit.

Dewasa ini PJT-RSCM telah dilengkapi teknologi diagnosis canggih yang menunjang diagnostik seperti MSCT, MRI, Radiologi (nuklir). Sehingga PJT yang pada awal pelayanan fokus pada kegiatan pelayanan jantung, dewasa ini pada perkembangannya sudah mampu melayani kesehatan penyakit-penyakit berkaitan dengan pembuluh darah (vaskuler).

   

Who's Online

We have 24 guests and no members online

Wednesday the 20th. Muhammad Sumarudin.