Rawat Luka di Rumah Pasca Operasi

Print
Category: Artikel Dokter
Published Date Ditulis Oleh dr. Ismail Dilawar, Sp.BKV

"Umumnya operasi jantung meninggalkan bekas luka di daerah dada pasien. Luka tersebut akan dirawat di ruang ICU dan ruang perawatan sampai luka tersebut mengering dan bebas dari infeksi. Perawatan tersebut berupa perawatan dengan pembersihan luka dan penggantian verban, dan dilakukan satu kali sehari."

Setelah empat sampai enam hari pasien mendapatkan perawatan pasca operasi di rumah sakit, pasien jantung umumnya diizinkan pulang. Ketika pasien pulang dari rumah sakit, luka tersebut belumlah sembuh total. Akan tetapi bila selama perawatan di rumah sakit terjadi masalah pada luka bekas operasi, perawatan akan menjadi lebih lama. “Pasien-pasien pasca operasi jantung yang pulang dengan luka pada daerah operasi seharusnya dapat menjaga luka tersebut dengan baik. Bila tidak maka akan terjadi infeksi pada luka bekas operasi itu,” ujar Dr. Ismail Dilawar Sp.BKV 

Ketika pasien pulang untuk menunggu sembuh biasanya perawat akan mengajarkan cara merawat luka pada pasien atau keluarga pasien. Pasien atau keluarga diajarkan tindakan-tindakan yang dilakukan dalam merawat lukanya. Berikut tahapan cara membersihkan luka bekas operasi: 

  1. Orang yang membersihkan luka itu harus bersih dan steril. Pasien atau keluarga pasien yang membersihkan luka harus mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik terlebih dahulu, atau menggunakan sarung tangan yang bersih, bila memungkinkan menggunakan sarung tangan steril. Alat-alat yang digunakan juga harus bersih dan steril. Pembersihan alat-alat tersebut dapat menggunakan larutan antiseptik.
  2. Penutup luka dibuka dan luka dibersihkan dengan larutan antiseptik.
  3. Kemudian luka diberi betadine atau Chlorhexidine.
  4. Luka ditutup kembali dengan kain kasa yang steril dan diplester.

Pembersihan luka ini dapat dilakukan satu kali sehari atau dua sampai tiga hari sekali. Tergantung pada bersih atau kotornya luka tersebut. Bila lukanya memang kotor dan kain kasa menjadi kotor dan penuh darah, maka verban luka harus segera diganti . 

Dokter Ismail, sapaan akrab pria yang mengambil spesialis bedah jantung di salah satu institusi di Malaysia ini mengatakan bahwa sebenarnya saat pulang ke rumah atau empat hari setelah operasi, pasien dengan luka operasi yang baik sudah dapat bersentuhan dengan air. Pasien dapat mandi seperti biasa dan lukanya dapat dibersihkan dengan sabun antiseptik, setelah itu pasien dapat mengeringkan diri dengan menggunakan handuk bersih dan telah disetrika ( untuk mengurangi jumlah kuman di handuk tersebut).Lalu secepatnya setelah itu luka dibersihkan atau diolesi dengan larutan antiseptik . 

“Yang harus diperhatikan oleh pasien adalah ketika ia berusaha mengobati sendiri bekas luka operasi dan luka tersebut tidak bertambah baik, segeralah ke rumah sakit. Tanda-tandanya adalah pada luka bekas operasi tersebut terdapat tanda-tanda kemerahan, keluar cairan kekuningan atau pun nanah, cairan bening dalam jumlah banyak, lukanya terbuka, nyeri pada luka dan luka menjadi membengkak. Walaupun belum saatnya kontrol, pasien harus segera datang ke rumah sakit. Karena bila terlambat pengobatannya akan lebih sulit,” himbau dokter Ismail, pria yang sedang menjalani pendidikan spesialis manajemen rumah sakit ini.

   

Who's Online

We have 7 guests and no members online

Friday the 24th. Muhammad Sumarudin.