RUANG RAWAT CARDIAC INTENSIVE CARE UNIT

Tarif Kamar

Umum : 1.400.000,-

VIP / VVIP : 2.300.000,-

Fasilitas Kamar :

  1. Bed terdiri dari 8 bed

  2. 2. AC(Air Conditioner)

  3. 3. Water heater

Dilengkapi dengan :

  1. Monitoring hemodinamik invasif

  2. Ventilator

  3. Nitrit oxide delivery machine

  4. Mesin CRRT

  5. Mesin IABP

  6. Generator Pace Maker

  7. High and Low Suction

  8. Gas Medik Sentral

Ruang perawatan intensif jantung atau yang lebih dikenal dengan Cardiac Intensive Care Unit (CICU) adalah ruangan yang tidak terpisahkan dari rangkaian pengobatan penyakit jantung khususnya bagi pasien yang menjalani operasi atau tindakan intervensi jantung. Pelayanan Jantung Terpadu RSUPN Cipto Mangunkusumo sekarang memiliki kapasitas perawatan 8 bed bagi pasien yang baru menjalani operasi jantung atau tindakan intervensi jantung (seperti tindakan pemasangan stent atau transkateter closure PJB pada anak). Beberapa pasien juga dirawat di Cardiac ICU karena hemodinamik yang tidak stabil yang membutuhkan pengawasan dan terapi khusus terutama sebelum operasi jantung atau tindakan intervensi jantung.

Perawatan dan pengawasan pasien selama 24 jam dilakukan terpadu oleh tim ICU yang terdiri dari dokter  Intensivist, Cardiologist (dokter jantung dewasa dan anak), Surgeon (dokter bedah jantung), dan rehabilitasi medik termasuk fisiotheraphis serta 34 perawat yang memiliki kekhususan bidang cardiac-intensivist. Rasio perbandingan pasien dan perawat 1 : 1, setiap pasien akan dirawat oleh seorang perawat yang senantiasa  memantau kondisi dan memberikan terapi pada pasien.

Layanan Clinical Pathway

Perawatan pasien pasca operasi jantung di CICU PJT menggunakan metode pendekatan Clinical Pathway, yaitu serangkaian prosedur/tindakan yang dilakukan pada pasien dengan diagnosis tertentu sehingga tata laksana pasien lebih terarah dan lama rawat dapat diperkirakan. Lama rawat (length of stay) pasien setelah operasi jantung sesuai dengan Clinical Pathway diperkirakan hanya dua hari untuk pasien-pasien tanpa komplikasi yang berarti.

Pasien-pasien yang menjalani operasi jantung, saat masuk CICU umumnya masih dalam pengaruh obat anestesi/bius dan masih menggunakan alat bantu napas. Pemantauan kesadaran, pernapasan, hemodinamik, serta fungsi ginjal dilakukan secara ketat. Pasien akan berangsur sadar dan bila kondisinya stabil penggunaan alat bantu napas akan dikurangi perlahan hingga pasien dapat bernapas sendiri. Kondisi pasien akan dipantau dalam 1-2 hari dan bila stabil pasien akan dipindahkan ke ruang perawatan Intertmediate.

Pasien yang dirawat tidak ditunggu langsung oleh keluarga pasien. Umumnya, setelah operasi selesai dan pasien tiba di ruang CICU, wakil keluarga diperkenankan masuk dan akan mendapatkan penjelasan dari dokter bedah jantung mengenai operasi yang dijalani pasien. Untuk selanjutnya keluarga dapat melihat pasien melalui kaca, saat waktu kunjungan berlangsung, yaitu pukul 17.00-18.00 pada hari kerja atau pukul 11.00- 12.00 pada hari libur.

Dalam rangka peningkatan mutu pelayanan secara berkesinambungan, CICU PJT senantiasa melakukan evaluasi berkala berupa evaluasi mingguan setiap Jumat pagi mengevaluasi tentang kinerja dan tata laksana kasus-kasus pasien, terutama kasus dengan kondisi yang tidak lazim. Evaluasi bulanan berupa laporan jumlah kasus, penggunaan tempat tidur, kejadian infeksi, mortalitas, dan morbiditas serta kejadian tak terduga (adverse event). Continous learning bagi staf selalu kami anggap sesuatu hal yang penting, upgrade pengetahuan staf medis dan perawat dilakukan setiap Senin pagi berupa jurnal reading atau presentasi kasus kematian (Mortality Report) untuk mengetahui penyebab kematian pasien sebagai pembalajaran untuk penatalaksanaan perawatan yang lebih maksimal.

Friday the 24th. Muhammad Sumarudin.